1. Click Start à Setting à Control Panel sampai keluar kotak dialog Control  Panel.
2. Double-Click Icon Network Connection sampai keluar kotak dialog  Network Connection
3. Double-click Icon Local Area Connection sampai keluar kotak dialog  Local Connection Area Status
4. Click Properties sampai keluar kotak dialog Local Area Connection  Properties
5. Double-Click Internet Protocol (TCP/IP) yang ada di dalam kotak  dialog Local Area Connection Properties sampai keluar kotak dialog baru :  Internet Protocol (TCP/IP) Protocol
Masukkan data-data IP Address . Data IP Address setiap UAD akan  berbeda-beda dan unik. Data IP Address ini, nanti akan diberikan saat  instalasi Broadband selesai (saat aktifasi jaringan)
Data-data IP Address yang paling diperlukan oleh setiap PC yang akan  disetting di setiap remote UAD adalah sbb :
1. Default Gateway à IP Address dari modem Broadband. Diberikan menyusul  saat aktifasi.
2. IP Address à IP Address ini merupakan satu class dengan IP Modem  Broadband (IP Default Gateway) nantinya.
3. Subnet Mask à Data Blok IP yang akan diberikan, mestilah  meng-ingclude-kan data Subnet Mask ini.
4. Setelah data-data setting TCP/IP ini dimasukkan, click OK untuk  menutup kotak dialog Internet Connection (TCP/IP) Properties
5. click OK untuk menutup kotak dialog “Local Area Connection  Properties”
6. Click Star à Run à sampai keluar kotak dialog RUN, dan ketikkan CMD  sampai keluar kotak dialog baru “command”
7. Di kotak dialog “Command” tadi, ketikkan : ipconfig
Jika Ethernet dari computer belum tersambung dengan LAN, akan keluar  hasil seperti gambar dibawah.
7.1. Jika dilakukan test PING saat kondisi Komputer belum tersambung ke  LAN, akan didapat hasil seperti gambar dibawah.
7.2. Setelah computer tersambung ke LAN, ketik IPCONFIG /ALL untuk  melihat IP Address yang terpasang di Komputer user tersebut. Hasilnya  bisa dilihat seperti gambar dibawah ini.
Jika didapatkan hasil ping test (Request timed  out), Kemungkinan ada problem di jaringan Lokal.
Kemungkinan problem ada bisa dari sbb :
- Konektor kabel jaringan (kabel LAN) terpasang kurang kencang. à  Kencangkan koneksi pemasangan kabel LAN ke port Hub Ethernet dan ke Card  PC LAN
- Kabel LAN yang tidak bagus (ada pin-pin koneksi kabel yang putus  ditengah) Ganti dengan kabel LAN lain yang bagus
- Port Hub Ethernet yang tidak bagus (longgar atau bad contact) à Coba  pindah port
Jika didapatkan hasil ping test (Reply from  x.x.x.x ), bisa dipastikan bahwa jaringan beroperasi dengan  normal.
Setiap user jaringan di remote UAD, diharapkan paling tidak, bisa  melakukan action seperti diatas. Target user di UAD adalah memastikan  jaringan local LAN terhubung dengan IP Ethernet dari Modem Broadband  yang merupakan Gateway jaringan UAD menuju Jaringan Server UAD Pusat dan  Internet.
Jika PC user telah bisa melakukan ping test seperti diatas, dan  mendapatkan hasil Reply from x.x.x.x à (Ip modem), maka bisa dipastikan  jaringan LAN di UAD tersebut tidak ada masalah.
Setelah memastikan di jaringan LAN tersebut tidak bermasalah, user di  UAD diarahkan untuk melakukan TEST PING IP Address Server Pusat. Cara  melakukan test ping ini sama dengan melakukan test ping IP Modem di  jaringan local. Perbedaannya hanya di IP ADDRESS yang akan di ping  dimasukkan IP Address computer yang ada di kantor pusat, atau IP Address  yang ada di internet. Selanjutnya dilakuka test aplikasi – aplikasi  internet.
Jumat, 26 November 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
 






 

 

 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar